Jumat, 05 September 2014

Keith Kayamba Gumbs Jadi Pelatih Pengembangan Usia Muda Di Klub Australia

Kayamba saat ini menjadi pelatih untuk pengembangan usia muda di klub Southern Ettalong United FC.

Kayamba Gumbs saat ini menjadi pelatih usia muda di klub Australia.

Masih ingat dengan nama Keith Kayamba Gumbs? Ya, dia adalah mantan penggawa andalan Sriwijaya FC dan Arema Cronus. Setelah memutuskan pensiun pada tahun ini di usianya yang menginjak 41 tahun, apa kegiatannya sekarang?

Ternyata kegiatan mantan pemain yang pernah membawa Sriwijaya menjuarai tiga kali Piala Indonesia ini, tetap tak jauh dari sepakbola. Kayamba saat ini sudah merintis karier kepelatihannya di salah satu klub Australia, Southern Ettalong United FC.

Di klub itu, pemain asal Saint Kitts and Nevis tersebut menjadi pelatih untuk pengembangan usia muda. Jika membuka laman resmi klub tersebut, bisa dilihat berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin dilatih olehnya dalam program simple football with Keith Gumbs.

Pada laman tersebut, terpampang jelas berapa harga setiap sesi berlatih dengan pemain yang dikenal pandai menjaga kebugaran fisiknya itu. Terbagi dua kategori sesi berlatih bersama Kayamba, yakni sesi 1 on 1 dan sesi grup. 

Saat masih aktif bermain, kualitas seorang Kayamba memang sudah tidak diragukan lagi. Sepanjang kariernya, selain memperkuat Sriwijaya dan Arema, Kayamba juga pernah memperkuat beberapa klub ternama lainnya di luar negeri seperti FC Twente, Sturm Graz, Hull City, Palmeiras, Kitchee FC, hingga Sabah FA.

Sebenarnya, pada tahun ini dia sempat belum ingin memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola. Bahkan, dia sudah sepakat untuk membela Barito Putera pada ISL musim ini. Namun, menjelang bergulirnya turnamen pemanasan Inter Island Cup 2014, Kayamba memutuskan untuk membatalkan niatnya membela Laskar Antasari.

Berdasarkan beberapa alasan yang dipaparkan pelatih Barito Putera, Salahudin, pembatalan tersebut lantaran Kayamba diminta istrinya untuk gantung sepatu karena usianya yang sudah menginjak kepala empat. Di samping itu, Kayamba ketika itu memang tengah berkonsentrasi untuk mengambil sertifikat kepelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar