Selasa, 02 September 2014

SPESIAL: Sepuluh Klub Terboros Di Bursa Transfer Musim Panas 2014/15

Setelah bursa transfer musim panas ditutup, siapakah klub yang paling boros merogoh kocek klub?

Radamel Falcao, rekrutan terakhir Manchester United.

Gagal total di musim lalu membuat Manchester United merombak skuatnya demi mengembalikan kejayaan klub dan jor-joran di pasar transfer pun tak dapat terelakkan.

Bahkan, Manchester United tercatat sebagai klub paling boros belanja di bursa transfer musim panas ini, meninggalkan raksasa sepakbola lainnya.

Setelah finis posisi tujuh Liga Primer Inggris musim lalu sekaligus absen di tingkat Eropa, tim yang kini diarsiteki Louis van Gaal menginvestasikan dana tak kurang dari €200 juta untuk mendaratkan Angel Di Maria, Marcos Rojo, Ander Herrera, Luke Shaw, Daley Blind dan Radamel Falcao (dengan status pinjaman) di Old Trafford.
Siapakah yang menempati peingkat kedua?

Ternyata ada Barcelona yang berada di bawah United untuk urusan transfer setelah merogoh lebih dari €150 juta untuk mengakuisisi Luis Suarez dan pemain lainnya. Blaugrana termasuk yang sibuk di jendela bursa, dengan mendatangkan Claudio Bravo dan Marc-Andre ter Stegen untuk mengisi pos penjaga gawang usai ditinggal dua kiper utama mereka. Lalu Jeremy Mathieu, Douglas dan Thomas Vermaelen di lini belakang, serta Ivan Rakitic sebagai gelandang dan penyerang Uruguay untuk menambah daya tempur.

Dengan total €174,8 juta, menempatkan tim Luis Enrique di atas Liverpool .

The Reds mendapat kucuran dana segar sebesar €88 juta hasil penjualan Suarez dan dengan kembalinya ke Liga Champions, proyek ambisius pun didengungkan skuat asuhan Brendan Rodgers.

Liverpool memborong paket dari Southampton: Adam Lallana, Dejan Lovren dan Rickie Lambert, lalu Lazar Markovic direbut dari Benfica dan Emre Can berhasil dibujuk untuk menanggalkan seragam Bayer Leverkusen. Semuanya terjadi sebelum mereka akhirnya memastikan servis Mario Balotelli seharga €20 juta.

Jika ditotal, Liverpool telah mengucurkan dana €168,6 juta, yang menempatkan mereka sebagai klub terboros kedua di Liga Primer, di bawah United.

Sementara Real Madrid, yang di musim panas lalu memecahkan rekor transfer dunia dalam perekrutan Gareth Bale, cuma menempati peringkat empat setelah menghabiskan kas klub sebesar €136,4 juta. Juara Liga Champions mendapatkan Keylor Navas, Toni Kroos dan James Rodriguez - dengan nama terakhir ditebus seharga €80 juta - serta peminjaman Javier “Chicharito” Hernandez di detik-detik penutupan bursa transfer.

Tepat di belakang Los Merengues ada rival sekota mereka, Atletico Madrid. Kampiun bertahan La Liga Spanyol kehilangan sejumlah pemain kunci musim panas ini tapi mereka menggantinya dengan aktif di bursa transfer. Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Alessio Cerci dan beberapa pemain lain didatangkan dengan total €123,7 juta.

TRANSFER MUSIM PANAS | 10 klub terboros
   PengeluaranSelisih
1Manchester United€207m€161,9
2Barcelona€174,8m€85,9m
3Liverpool€168,6m€65m
4Real Madrid€136,4m€9,5m
5Atletico Madrid€123,7m€26,3m
6Chelsea€118,8m€10,8m
7Arsenal€108m€90,5m
8Southampton€81,5m+€51,6m
9Manchester City€72,9m€40m
10Roma€63,2m
€27,5m

Salah satu tim yang “menguras” stok di Vicente Calderon adalah Chelsea, yang merekrut Diego Costa dan Filipe Luis. The Blues juga mengamankan tanda tangan Cesc Fabregas dari Barcelona dan Loic Remy dari Queens Park Rangers untuk melengkapi pengeluaran mereka sebesar €118,8 juta.

Masih dari London, Arsenal duduk di peringkat enam setelah memboyong Alexis Sanchez, Calum Chambers, Mathieu Debuchy, David Ospina dan di menit-menit akhir, Danny Welbeck. Untuk mendapatkan semuanya, The Gunners cuma merogoh kocek €108 juta.

Southampton harus merelakan kepergian beberapa bintangnya musim panas ini, tapi mereka memanfaatkan hasil penjualan pemain dengan merekrut Dusan Tadic, Shane Long, Graziano Pelle, Toby Alderweireld, Sadio Mane dan lainnya dengan total pengeluaran lebih dari €85 juta. Tapi, mereka satu-satunya tim di daftar kami yang memiliki keuntungan berkat penjualan pemainnya.

Ambisi Manchester City mendapatkan pemain incaran mereka terganggu peraturan Financial Fair Play, tapi mereka masih bisa mengeluarkan €72,9 juta untuk pemain baru. Sebagian besar dana tersebut dipakai untuk mengakuisisi Eliaquim Mangala dan Fernando dari Porto.

Ada AS Roma yang menggenapkan sepuluh besar klub terboros musim panas ini, yang memboyong Juan Iturbe dan Kostas Manolas di antara pemain lainnya. Angka €63 juta yang dikeluarkan I Giallorossimerupakan yang tertinggi di Italia.

Yang menarik, dari sepuluh daftar tim terboros musim ini didominasi oleh klub-klub dari Inggris dan Spanyol. Runner-up Bundesliga Jerman Borussia Dortmund hanya menempati urutan ke-11, bahkan Bayern Munich masih berada satu strip di bawahnya.

*Total nilai transfer berdasarkan Transfermarkt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar