Kamis, 28 Agustus 2014

Berbagai Rekor Yang Dipecahkan Persipura Jayapura Dalam Mencapai Semi-Final Piala AFC 2014

Persipura berhasil melenggang ke semi-final Piala AFC 2014, setelah mengempaskan juara bertahan Kuwait SC. Apa saja rekor yang mereka torehkan?

Persipura berhasil melangkah ke semi-final usai menaklukkan juara bertahan Kuwait SC.

Persipura Jayapura akhirnya memastikan lolos ke babak semi-final Piala AFC 2014. Itu setelah, mereka menaklukkan juara bertahan di leg kedua perempat-final, dengan skor meyakinkan, 6-1, di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/8) petang.
Dengan demikian, Persipura lolos ke semi-final dengan agregat 8-4. Sebelumnya, di leg pertama mereka takluk, 3-2. Ini menjadi kekalahan terbesar sang juara bertahan di kompetisi Asia.
Meski begitu, masih ada beberapa fakta menarik yang mengiringi lolosnya tim Mutiara Hitam ke fase empat besar.  Berikut ulasannya:
REKOR PERSIPURA JAYAPURA DI PIALA AFC
 Persipura adalah tim pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak semi-final Piala AFC, sejak turnamen tersebut digulirkan pada musim 2004.

 Kalah 6-1 di leg kedua perempat-final, merupakan kekalahan terbesar Kuwait SC di kompetisi Asia.

 Persipura merupakan wakil Indonesia yang pertama kali mencetak sembilan gol dalam satu laga di kompetisi Asia. Itu terjadi saat mereka mengecundangi Yangon United, skor 9-2, di babak 16 besar musim ini.

 Persipura menjadi tim Indonesia pertama yang dua pemainnya berhasil mencetak hat-trick atau lebih dalam satu musim di kompetisi Asia. Adalah Boakay Eddie Foday, yang mencetak lima gol saat menaklukkan Yangon United (9-2) di babak 16 besar, dan Robertino Pugliara saat mengalahkan Kuwait SC, 6-1, di leg kedua perempat-final Piala AFC 2014. 

 Sejak bergabung pada putaran kedua, ini merupakan gol perdana Robertino Pugliara bagi Persipura dan langsung mencetak hat-trick. Menariknya, ini juga merupakan gol perdananya di ajang Piala AFC. Selain itu, dia menggantikan posisi Boakay Eddie Foday yang hengkang ke Persija Jakarta, yang mana juga menciptakan rekor lima gol dalam satu laga Persipura di Piala AFC 2014.

 Hingga lolos ke fase empat besar, Persipura sudah mencetak 26 gol dan kebobolan sepuluh gol. Top Skor Persipura sementara ini masih dipegang Boakay Eddie Foday dan Boaz Solossa dengan lima gol. Foday sendiri sudah hengkang ke Persija Jakarta pada putaran kedua musim ini.

 Gol di leg pertama perempat-final Piala AFC 2014 yang dicetak Lim Jun-Sik dan Gerald Pangkali, merupakan gol perdana kedua pemain di ajang Piala AFC.

 Persipura merupakan tim ASEAN keenam yang berhasil lolos ke semi-final Piala AFC. Tim ASEAN yang pernah lolos sebelumnya adalah Geylang United, Home United (2004), Binh Duong (2009), Muang Thong United (2010), Chonburi (2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar